Mendoan, Gorengan Nylekamin

Kamis, 09 Juli 2020


https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 06 298 1244838 ini-rahasia-kelezatan-tempe-mendoan-banyumas-0vpkERSdVj.jpg
Mendoan 

Mendoan, siapa yang tidak suka?panganan yang menggugah selera dan sering ada di meja makan sebagai lauk atau teman makan. Mendoan itu seperti magnet yang menambah keceriaan ketika berkumpul atau bercengkrama. Ibarat dikata kalau tidak ada mendoan rasanya hambar. Nikmat memang.

Mendoan termasuk gorengan, kalau menurut Wikipedia, gorengan adalah berbagai jenis makanan yang dicelupkan ke adonan tepung lalu digoreng dalam minyak panas sampai terendam. 

Di Indonesia ada berbagai macam bahan untuk dibuat gorengan. Seperti pisang goreng, tahu, tempe dan sebagainya. Gorengan juga sangat populer di masyarakat dan memang menjadi camilan andalan. Nah, Mendoan salah satu jenis gorengan yang familiar. Siapa yang tidak tahu mendoan? Panganan khas berasal dari wilayah Banyumas – Jawa Tengah. Kalau kalian berkesempatan berkunjung ke Purwokerto yang merupakan salah satu wilayah Karesidenan Banyumas silahkan cicipi mendoan. Biasanya orang Purwokerto menyebut mendoan yang rasanya enak itu dengan sebutan "Nylekamin". Tidak usah bingung kalau ingin mencicipi sebab mendoan banyak dijajakan di warung makan atau di tempat wisata. 

Mendoan berasal dari Bahasa Jawa ‘Mendo’ yang artinya lembek. Bahan dasar mendoan itu tempe yang ditipiskan dan dibungkus daun pisang, tapi sekarang banyak yang menggunakan plastik sebagai bungkusnya. Kalau Anda ingin mencicipi mendoan dan tidak mau repot menggoreng, Anda bisa membelinya. Harga mendoan di warung makan atau pedangang gorengan memang bervariasi tetapi tidak usah khawatir mahal karena kisaran harga itu mulai dari seribu sampai ada yang ratusan ribu tergantung dari ukurannya. Kalau mau membuat sendiri di rumah bisa beli tempe untuk mendoan di pasar atau langsung ke pembuatnya bila disekitar tempat tinggal Anda ada yang membuat tempe. 

Cara menggoreng mendoan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah bahannya. Anda siapkan beberapa lembar tempe, kemudian adonan tepung yang telah dicampur bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, ketumbar, kunyit, dan garam serta tambahkan irisan daun bawang. Kemudian panaskan minyak, harus benar-benar panas supaya mendoannya  tidak terlalu banyak meresap minyak. Tempe  yang telah dicelupkan ke adonan dan  sudah terbalur rata langsung digoreng. Ketika sudah matang, angkat dan tiriskan. Kalau tidak suka mendoan lembek, boleh lho digoreng agak kering jadi sesuai selera saja. Tapi aslinya mendoan itu lembek. 

Mendoan sudah tersusun rapi dipiring ditambah beberapa cabai rawit atau dicocolkan ke sambal kecap. Ditemani teh atau kopi jadi mantap menyantapnya. Silahkan coba mendoannya pasti ketagihan. Mendoan enaknya dimakan saat masih hangat.

2 komentar on "Mendoan, Gorengan Nylekamin"
  1. Dicocol petis yummy jg mbak.. lah ngiler ini skrg hehehe.. salam kenal saya sita dr kelas blog pemula mbak dedew

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak. terima kasih sudah mampir. iya, mbak. aplagi dinikmati pas anget

      Hapus

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9