Main ke Alun-Alun Purwokerto

Kamis, 09 Juli 2020




Berkunjung ke Kota Purwokerto tidak akan melewatkan tempat favorit keluarga, yakni Alun-alun. Siapa yang tidak akan tergoda untuk mampir ke Alun-alun, apalagi kalau malam Minggu. wah, dijamin ramai. 


Kota Purwokerto masuk wilayah Karisidenan Banyumas dan merupakan ibu kota kanupaten Banyumas. kota yang berkembang pesat. Ya, Purwokerto sekarang semakin bersolek dan bersinar dengan berbagai perubahan, baik infrastruktur maupun lainna. Datang ke Purwokerto pasti akan terpana dengan perkembangannya. 

Purwokerto, kota kecil yang masuk wilayah Provinsi Jawa Tengah memang salah satu kota di Jawa Tengah yang mengalami perubahan dan perkembangan pesat. Lihat saja sekarang di Jalan Jendral Soedirman Barat selatan Stasiun Kereta Api sudah dibangun jalan Underpass sebagai salah satu alternatif mengurai kemacetan. dulu jalan yang sebelah selatan stasiun sangat padat dan ramai lalu lintas sehingga sering terjadi kemacetan. 

salah satu icone dari Purwokerto yaitu Alun-alun. Alun-alun kota Purwokerto sudah mengalami perubahan. Sebagai salah satu fasilitas umum yang menjadi favorit masyarakat untuk berkumpul menjadikan Alun-alun terus dipercantik. Nongkrong, santai di alun-alun  ditemani gorengan tempe mendoan. hangat sebagai salah satu makanan khas kota Purwokerto tentu sangat menyenangkan. Makan tempe mendoan enaknya pas hangat dicocol dengan sambal kecap pedas atau hanya dengan cabai rawit. Hemmm ... nyami.

Kota Purwokerto adalah salah satu kota yang pernah saya tinggali krang lebih delapan tahun. Kota yang menyimpan sejuta kenangan, meski kenangan itu manis maupun pahit yang pasti kota Purwokerto tidak pernah membuat saya bosan untuk berkunjung. Dilihat sekarang, kota Purwokerto yang teletak di kaki gunung Slamet perkembangannya sangat pesat. Lihat saja pembangunan pusat perbelanjaan, pusat kuliner semakin menjamur. Hal itu juga yang memicu roda perekonomian Purwokerto semakin baik. Tidak hanya fasilitas perbelanjaan yang semakin berkembang, fasilitas-fasilitas umum pun mulai diperhatikan, seperti pelebaran jalan, perawatan jalan, kemudian transpotasi umum sekarang juga lebih baik. Sekarang sudah ada Bus Trans Purwokerto yang bisa melayani rute hingga ke Purbalingga sebagai tetangga kabupaten terdekat. Terminalpun sudah semakin baik.

Ya ... kota Purwokerto memang sudah terlihat bersolek. Lihat saja kalau kita berkunjung ke alaun-alunnya, sudah banyak perubahan. Dulu di tengah alun-alun ada jalan yang membelah tetapi sekarang sudah tidak ada kemudian perbaikan trotoar di sekitar alun-alun supaya lebih baik. Rumput-rumput di alun-alun pun semakin baik. Sekarang ditambah lagi air mancur yang membuat alun-alun lebih menarik, apalagi untuk anak-anak. Air mancur ini juga menjadi spot foto favorit pengunjung. 

Alun-alaun salah satu tempat favorite untuk berkumpul dengan keluarga atau teman. Arena bermain anak untuk bercengkrama dengan alam. Biasanya kalau pas malam Minggu alun-alun pasti ramai asalkan hujan tidak mengguyur. Ya ... malam Minggu waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga secara gratis di alun-alun. Gratis karena alun-alun tidak memungut biaya. Hanya parkir 2000 untuk sepada motor sedangkan mobil 3000 atau 4000. Di alun-alun juga banyak pedagang kaki lima terutama penjaja makanan, seperti Mie ayam, bakso, soto,wedang ronde, siomay, dan masih banyak lagi. Ada juga yang menawarkan mainan anak-anak yang pasti digemari oleh anak-anak. Ada juga layar televisi besar. Kalau ingin menikmati makan di dekat alun-alun ada Rita Mall, Buntos Chiken, Rita Bakery, dan Cafe All Rich. Banyak pilihan menikmati malam di alun-alun Purwokerto.

Mengajak anak ke alun-alun Purwokerto pasti akan betah. Seperti saya beberapa kali mengajak anak selalu betah dan susah untuk diajak pulang. Semoga alun-alun Purwokerto akan semakin asri dan selalu ngangeni.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9