Bijak Menggunakan Uang Saku Lebaran

Jumat, 03 Agustus 2018

Lebaran sudah lewat ya Emak? Rasanya baru kemarin tetapi masih terasa. Karena kue-kue masih ada stok di rumah, jadi merasa terus lebaran saja.

Berbicara soal lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, ada yang identik memberikan uang saku untuk anak-anak. Entah itu mulai dari Kakek Nenek, Om Tante, Kakak, Sepupu, Saudara mapun tetangga. Ada sebagian orang berpendapat memberikan uang saku pada saat Hari Raya Idul Fitri sebagai bentuk syukur atas limpahan rahmat dan rizki supaya lebih berkah.

Anak-anak biasanya antusias menyambut lebaran, ya salah satunya akan mendapat uang saku. Alangkah baiknya anak-anak juga diberi pengertian kalau lebaran tidak boleh terlalu berharap diberi uang saku. Lebaran sebagai tanda kemenangan setelah menjalakan puasa di bulan ramadhan.Anak juga diingatkan untuk tidak meminta uang saku ketika Kakek Nenek, saudara tidak memberi uang saku. Jangan sampai mereka memburu uang saku lebaran supaya makna dari hari kemenangan lebih berharga sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Nah, kira-kira uang saku yang didapatkan anak saat lebaran, Emak biasanya digunakan untuk apa? Ingat Mak, uang saku lebaran adalah hak anak, alangkah baiknya tidak mengambilnya kecuali untuk keperluan anak.

Anak–anak berhak mau digunakan untuk apa uang sakunya. Emak tinggal memantau supaya bisa terkendali dan tidak boros. Mengajarkan anak supaya mengelola uang hasil saku lebaran. Anak-anak bisa membelanjakan uangnya untuk membeli keperluan yang dibutuhkan. Diingatkan agar tidak membeli susuatu yang tidak bermanfaat dan pemborosan.

Dengan dipantau dan diingatkan dalam mengelola uang maka, anak-anak nantinya akan terbiasa untuk mengatur sendiri uangnya. Anak-anak yang terbiasa mengelola keuangan sendiri akan lebih mandiri, bisa mengerem keinginan yang berdampak pada pemborosan, dapat memilah mana yang lebih dibutuhkan dan lebih bijaksana dalam penggunaan uang.

Berikut contoh penggunaan uang saku lebaran ketika anak bingung atau bimbang untuk apa uangnya.
1.      Membeli peralatan sekolah
Uang saku lebaran bisa digunakan oleh anak untuk membeli keperluan sekolah. seperti, buku, peralatan tulis, tas, dan sepatu.
Anak tetap mempertimbangkan dengan orang tua supaya tidak terjadi kelebihan atau sesuatu yang mubazir.
2.      Ditabung
Dengan membiasakan anak untuk menabung, maka akan menjadi suatu kebiasaan baik dan menguntungkan. Kenapa menguntungkan? Ketika di lain waktu anak memerlukan uang guna membeli keperluan ataupun ada keperluan mendesak, maka anak masih memiliki simpanan uang sehingga tidak terlalu memberatkan orang tua.
3.      Tamasya/Rekreasi
Bisa juga sebagian uang saku lebaran untuk bersenang-senang bertamsya bersama sanak saudara jauh. Mereka bisa ramai-ramai pergi ke tempat rekreasi sehingga tidak perlu minta uang saku kepada orang tua.
4.      Membeli kesukaan
Anak pasti memiliki kesukaan. Entah itu berupa barang, benda, maupun makanan. Memberikan kebebasan pada anak untuk membeli sesuatu yang mereka inginkan akan berdampak baik pada perkembangan dan proses belajar mereka. Sebagai orang tua mendukung asalkan positif dan memang itu bermanfaat.

Emak, sebagai orang tua tidak segan juga untuk terus belajar supaya lebih bijaksana serta bisa mendampingi anak-anak dengan bahagia.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9